Artikel ini adalah kelanjutan dari pembahasan sebelumnya, yakni Mengenal Ciri-ciri Media Online: sebuah catatan kecil untuk dapat mengenal dan memahami lebih jauh Karakteristik Media Online. Apa itu media online? Apa yang melatari munculnya media online? Apa karakteristik dan keunggulan media online dibanding media cetak dan eletronik? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan dijawab di sini.
Pembahasan yang dijuduli Kenali Karakteristik Media Online ini akan dikelompokkan lagi dalam beberapa judul kecil, yakni:
1. Pengertian Media Online
2. Latar Belakang Lahirnya Media Online
3. Karakteristik Media Online
4. Keunggulan Media Online
Pembahasan yang dijuduli Kenali Karakteristik Media Online ini akan dikelompokkan lagi dalam beberapa judul kecil, yakni:
1. Pengertian Media Online
2. Latar Belakang Lahirnya Media Online
3. Karakteristik Media Online
4. Keunggulan Media Online
Pengertian Media Online
- Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
- Media online adalah media massa "generasi ketiga" setelah media cetak (printed media) - koran, tabloid, majalah, buku dan media elektronik (electronic media) radio, televisi, dan film/video.
- Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online - disebut juga cyber journalism didefinisikan sebagai: "Pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet" (Sumber: wikipedia).
- Secara teknis atau "fisik", media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
- Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)
- Akses. Selain dari komputer dekstop, makin mudah diakses seiring perkembangan teknologi smartphone: BlackBerry, iPhone, Samsung Galaxy Tab (Galaxy Note), tablet berbasis OS Symbian, Android, iOS, Windows Mobile, dan lain-lain.
Latar Belakang Lahirnya Media Online
- Menjawab kebutuhan akan informasi dan komunikasi cepat, up-date, kontekstual kapan saja, di mana saja. (Kini menjadi bagian lifestyle (gaya hidup) masyarakat perkotaan)
- Per definisi, jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website).
- Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online sebagai "pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet" (reporting of facts produced and distributed via the internet).
- Jurnalisme online adalah "jurnalisme judul" karena perilaku pembaca yang umumnya "headline reader" atau "lead reader" - perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat.
- Kelengkapan informasi tetap terjaga karena ada "berita/tulisan terkait" (linkage).
Karakteristik Media Online
- Kapasitas luas, halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
- Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja (selama ada jaringan internet)
- Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
- Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
- Menjangkau seluruh dunia (www - worldwide web) yang memiliki akses internet.
- Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
- Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
- Interaktif, dua arah, dan "egaliter" dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dan lain-lain.
- Terdokumentasi, informasi tersimpan di "bank data" (arsip) dan dapat ditemukan melalui "link", "artikel terkait", dan fasilitas "cari" (search).
- Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Keunggulan Media Online
Keunggulan jurnalisme online secara detail dikemukakan James C. Foust dalam bukunya, Online Journalism: Principles and Practices of News for The Web:- Audience Control: Audiens lebih leluasa dalam memilih berita.
- Nonlienarity: Tiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri atau tidak berurutan.
- Storage and Retrieval: Berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah.
- Unlimited Space: Memungkinkan jumlah berita jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.
- Immediacy: Cepat dan langsung.
- Multimedia Capability: Bisa menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya di dalam berita.
- Interactivity: Memungkinkan adanya peningkatan partisipasi pembaca.(terhubung dengan social media: facebook, twitter, etc)