Ciri Khas Tulisan Media Online

Apa kiat-kiat serta panduan yang wajib diperhatikan jika ingin membuat tulisan untuk media online? Pertanyaan itu akan dibahas tuntas di sini, setelah sebelumnya kita menuntaskan pembahasan terkait Karakteristik Media Online. Kali ini, kita akan menggali lebih jauh terkait detail-detail kecil mengenai "ciri khas tulisan", cara dan gaya sebuah informasi disampaikan melalui media online.

Ciri dan kekhasan Tulisan Media Online

Artikel yang diberi judul Ciri Khas Tulisan Media Online ini akan dibagi dalam beberapa sub-judul dengan runutan dan runtutan sebagai berikut:
1. Jenis Tulisan Media Online
2. Gaya Penulisan di Media Online
3. Kiat-kiat Penulisan Untuk Media Online
4. Panduan Wajib Tampilan Media Online


Jenis Tulisan Media Online

Jenis tulisan media online sama dengan jenis tulisan karya jurnalistik pada umumnya, yakni news, views, dan feature (paduan news & news).
  • News | Berita - laporan peristiwa, rekonstruksi kejadian, disusun dengan paduan unsur 5W+1H What (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (kenapa), dan how (bagaimana).
  • Opini - tulisan berisikan opini, pendapat, atau analisis tentang suatu peristiwa atau masalah. Struktur penulisan: judul, penulis, opening, body, closing.
  • Feature - tulisan khas berisi paduan antara fakta dan opini. Struktur tulisan: judul, lead, body, closing. Masuk dalam kategori 'feature' antara lain: tips, biografi, pengalaman, "curhat", dan catatan perjalanan.

Gaya Penulisan di Media Online

  • Menyesuaikan dengan karakter pembaca, gaya bahasa jurnalisme online hendaknya: ringkas, padat dan to the point.
  • Judul sederhana dan padat. Maksimal delapan (8) kata.
  • Tulisan mudah dipindai (scannable), misalnya dengan subjudul (maksimum tiap lima paragraf), highlight kata-kata penting dengan warna berbeda, cetak tebal, jenis huruf, ukuran huruf, hypertext/hyperlink.
  • Tulisan pendek lebih disukai. Jumlah kata paling banyak 50 % dari media cetak.
  • Alinea pendek. Satu alinea idealnya hanya terdiri dari 65 karakter atau maksimal lima baris (lines).
  • Gunakan alinea/paragraf pendek dan jarak antar-alinea.
  • Uraian panjang dipecah-pecah menjadi beberapa judul, sambungkan melalui multiple hyperlink.
  • Pembaca tidak suka tulisan panjang dan harus men-scroll jauh ke bawah.
  • Gunakan tabel atau poin/angka urut ke bawah (bullets or numbering). Pembaca lebih mudah dan lebih nyaman membaca uraian berurut ke bawah daripada membaca alinea panjang.
  • Terapkan prinsip Piramida Terbalik yang penting di atas, uraian selanjutnya.
  • Gunakan bahasa sederhana dan "informal" untuk tulisan opini (artikel) dan feature.
  • Pendekatan "Piramida Terbalik" lebih intens digunakan dalam penulisan berita online, yaitu benar-benar mengedepankan yang paling penting dan mendesak diketahui pembaca.
  • Bahasa Jurnalistik (language of mass media) juga kian penting berperan mengingat karakter bahasa jurnalistik yang lugas, ringkas, sederhana, dan mudah dipahami.

Kiat-kiat Penulisan Untuk Media Online

Berikut kiat-kiat penulisan untuk media online menurut Robert Niles, How to write for the Web dalam "The Online Journalism Review":
  • Short: Ringkas, the shorter the better.
  • Active voice: Gunakan kalimat aktif.
  • Strong verbs: Pilih kata kerja yang kuat.
  • Contextual hyperlinking: Lengkapi dengan tautan informasi terkait; memungkinkan pembaca memperkaya pengetahuan dan informasi pendukung.
  • Use formatting: Gunakan variasi tampilan huruf atau kalimat, misalnya dengan menggunakan daftar (list), header tebal, dan kutipan (blockquotes).
  • Easy to read: Mudah dibaca; jangan ada blok teks/alinea yang lebih dari lima baris. "No block of text more than five lines on the screen."

Panduan Wajib Tampilan Media Online

  • Layout Sederhana.
  • Tidak terlalu dinamis dengan animasi berlebihan.
  • Gunakan foto atau video terkait.
  • Tempatkan iklan dengan tepat agar tidak mengganggu pembaca.
  • Hindari font aneh dan berwarna terang.
  • Hindari background musik automatic play.
  • Hindari Windows Pop Up. Informasi kontak/contact form.
  • Kolom komentar
  • Cerita apa pun dapat diceritakan dalam 800 kata - pedoman yang baik untuk tulisan online.
  • Gunakan bahasa baku sesuai Bahasa Indonesia (Ejaan Yang Disempurnakan - EYD)
  • Logis (unsur Subjek Predikat Objek Keterangan/SPOK)
  • Panjang 300-500 kata. Maksimal 800 kata.
  • Satu paragraf terdiri atas 3-5 kalimat
  • Hindari bahasa slank/bahasa gaul.
  • Akurat, tidak salah ketik.

*Catatan:

Bagi yang 'baru bergabung' dalam tema pembahasan tentang "Media Online" di blog Ciri-ciri Orang, silahkan menyimak materi dan panduan lengkapnya pada artikel berjudul: Mengenal Ciri-ciri Media Online (Materi Presentasi). Terimakasih telah bergabung bersama kami.

Nama

Ciri-ciri,6,Media Online,5,Trending Topic,6,
ltr
item
Ciri-ciri Orang: Ciri Khas Tulisan Media Online
Ciri Khas Tulisan Media Online
Apa kiat-kiat serta panduan yang wajib diperhatikan jika ingin membuat tulisan untuk media online? Pertanyaan itu akan dibahas di sini, setelah sebelumnya kita membahas tentang Karakteristik Media Online.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxkno4yTMrcy2-KqKim1yzIGOjvbWHgHBj76gRR8EQVZX8HT3pXzyvyj8jnmZCf5oiU5PUygRO4idQRH2IwUTYGjiuJK2_54vIzRcMBBe3Cg_Vs7zcwaTFnjMFsgCFFHucZOod0JMwahkQ/s640/Ciri+Khas+Tulisan+Media+Online.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxkno4yTMrcy2-KqKim1yzIGOjvbWHgHBj76gRR8EQVZX8HT3pXzyvyj8jnmZCf5oiU5PUygRO4idQRH2IwUTYGjiuJK2_54vIzRcMBBe3Cg_Vs7zcwaTFnjMFsgCFFHucZOod0JMwahkQ/s72-c/Ciri+Khas+Tulisan+Media+Online.webp
Ciri-ciri Orang
https://ciri-orang.blogspot.com/2016/02/ciri-khas-tulisan-media-online.html
https://ciri-orang.blogspot.com/
https://ciri-orang.blogspot.com/
https://ciri-orang.blogspot.com/2016/02/ciri-khas-tulisan-media-online.html
true
4547106346003645564
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content